Bendahara SKPD di Aceh Besar Ikuti Workshop MPN G-2

berita Bank Aceh
Sebanyak 80 orang bendaharawan gaji dari unsur SKPD, kecamatan, dan puskesmas se-Kabupaten Aceh Besar mengikuti Workshop dan Sosialisasi Implementasi Modul Penerimaan Negara Generasi II (MPN G-2) yang dilaksanakan oleh Bank Aceh Cabang Jantho di Aula HT Bachtiar Panglima Polem Kota Jantho, Kamis (5/11/2015). Kegiatan sehari yang turut menghadirkan pemateri dari pejabat KPP Pratama Banda Aceh tersebut dibuka oleh Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah SSos.

        Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah menilai, kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi aparatur yang menangani masalah keuangan di SKPD jajaran Pemkab Aceh Besar. Untuk itu, kepada peserta diharapkan dapat mengikuti Workshop dan Sosialisasi MPN G-2 tersebut secara baik dan sungguh-sungguh, sehingga ilmu yang didapat selama kegiatan dapat dimanfaatkan untuk mendukung kelancaran tugas di tempat kerja masing-masing. “Alhamdulillah, berkat dukungan semua pihak, selama tiga tahun terakhir Kabupaten Aceh Besar dapat meraih predikat WTP dari BPK RI. Ke depan, dukungan dan partisipasi yang baik juga tetap kita harapkan. Melalui workshop dan sosialisasi MPN G-2 ini, akan banyak ilmu yang diperoleh, sehingga kita semua berharap Aceh Besar juga terus meraih opini WTP pada tahun-tahun mendatang,” katanya.
        Peraturan Menteri Keuangan Nomor 32/PMK.05/2014 tanggal 10 Februari 2014 mengatur tentang Sistem Penerimaan Negara Secara Elektronik. Sistem Pembayaran Penerimaan Negara secara Elektronik (E-Billing), tambah Bupati Aceh Besar, adalah pengembangan sistem penerimaan negara yang dikenal dengan Modul Penerimaan Negara (MPN) yang sudah berjalan sejak 2007, kini menjadi MPN Generasi Kedua (MPN G2). MPN G2 merupakan pengoptimalan teknologi informasi dengan pengembangan sistem penerimaan negara yang lebih modern (transaksi elektronik).
        Menurut Bupati, kegiatan yang digelar Bank Aceh Cabang Jantho itu sangat positif untuk mendukung berbagai program pembangunan di bawah kepemimpinan Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah dan Wabup Aceh Besar Drs Syamsulrizal MKes, terutama dalam pengaturan dan manajemen keuangan daerah, sehingga dapat kita pertahankan penghargaan yang telah diraih selama ini yaitu WTP selama tiga tahun berturut-turut. Untuk itu, atas dukungan semua pihak, Pemkab Aceh Besar menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya.
        Pimpinan Bank Aceh Cabang Jantho, Gunawan Djuned mengemukakan, kegiatan tersebut diharapkan dapat membekali para bendahara yang bertugas di semua SKPD, jajaran kecamatan, dan puskesmas se-Aceh Besar sehingga dapat bekerja lebih sempurna lagi dengan menerapkan Modul Penerimaan Negara Generasi II (MPN G-2).
        MPN G-2 atau billing system, jelas Gunawan, bertujuan untuk mempermudah serta menyederhanakan proses pengisian data dalam rangka pembayaran dan penyetoran penerimaan negara. Selain itu, untuk menghindari atau meminimalisir kemungkinan terjadinya human error dalam perekaman data pembayaran dan penyetoran oleh petugas bank/pos persepsi. “MPN G2 ini juga akan memberikan kemudahan dan fleksibilitas cara pembayaran/penyetoran melalui beberapa alternative saluran pembayaran dan penyetoran serta memberikan akses kepada wajib pajak/wajib bayar/wajib setor untuk memonitor status atau realisasi pembayaran dan penyetoran,” ungkap Gunawan Djuned kepada para wartawan.
Read previous post:
Realisasi 20 Oktober 2015

Rekap Oktober 2015 Realisasi Sampai Oktober 2015

Close